TopMenu

Sabtu, 02 Februari 2013

Sirah Shahabiyah: Teladan Buat Anak

Menceritakan sirah kepada anak-anak memang kesukaan saya. Kesukaan ini karena saya memang sukaa sekali dengan sirah. Sirah Nabi, sirah rasul, para sahabat, sahabiyah, selalu tidak habis untuk diceritakan.

Awalnya, saya ingin sekali menulis tentang sirah sahabiyah untuk anak-anak. Harapan saya tentu saja supaya anak-anak mengenal siapa itu Khadijah binti Khuwailid, Aisyah binti Abu Bakar, Asma, Fatimah, dll. Mereka juga bisa meneladani  sifat-sifat baik yang dimiliki para sahabiyah ini. Dan ini semua berangkat dari keprihatinan. Ketika dalam sebuah acara anak-anak, saya dan teman-teman membuat kuis, sebagian dari mereka tidak tahu dengan para sahabiyah ini.

Kemudian saya ajukan proposal ke Gema Insani. Alhamdulillah direspon dengan baik. Dan ada masukan dari editor. Diharapkan saya menuliskannya dengan menambahkan kisah sehari-hari. Saya kemudian mengirimkan naskah jadi seri pertama: Khadijah. Setelah beberapa kali revisi, akhirnya  pola penulisannya pun disetujui.

Di buku Khadijah diceritakan di sebuah sekolah akan diadakan acara Market Day. Sarah, salah seorang murid di sekolah itu, ditunjuk sebagai salah seorang ketua kelompok. Namun, teman-teman Sarah meragukan kemampuan Sarah menjadi ketua. Pertama, Sarah perempuan. Kedua, Sarah kurang bisa berhitung. Olok-olokan temannya ini sempat membuat Sarah tidak percaya diri. Untunglah Pak Guru punya resep buat Sarah. Apa resep dari Pak Guru? Lanjutkan membacanya, ya! Hehehe. Seperti itulah kira-kira buku sahabiyah yang terdiri dari 10 seri ini. Jika ada yang berminat silakan inbox saya, langsung pesan ke Gema Insani, atau langsung meluncur ke tobuk terdekat.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar