TopMenu

Rabu, 20 Februari 2013

Golongan Darah O, Buku Personality Plus dan Komunikasi Antar Pribadi

Saya yakin sudah banyak yang membaca buku yang ditulis oleh Florence Littauer ini. Buku ini terbit tahun 1996. Sudah lama, ya. Dan saya baru membacanya! Biasa, saya tinggalnya kan di planet lain. :)


Saya sudah sering mendengar tentang buku ini. Bahkan istilah-istilah yang ada di buku ini juga sudah bertebaran di seminar, pelatihan, bahkan di sosmed. Ingatkan, ya, dengan istilah sanguinis, koleris, plegmatis, dan melankolis.

Saya mau cerita pertemuan saya dengan buku ini.
Awalnya saya mengikuti sebuah pelatihan. Nah, di pelatihan itu, pembicara menyinggung tentang karakter manusia berdasarkan golongan darah. Buat saya ini sangat menarik.
Disimpulkan begini.
Orang yang bergolongan darah A cenderung sanguinis.
Yang bergolongan darah B cenderung melankolis.
Yang bergolongan darah O cenderung koleris.
Dan yang bergolongan darah AB cenderung plegmatis.

Golongan darah saya O, pemirsah ...
Nah, dicontohkan perilaku masing-masing dalam beberapa kejadian.
Misalnya,  menghadiri pertemuan.
Golongan darah A dan AB cenderung tepat waktu. O, seringnya terlambat. tidak bisa diandalkan. *gigit kuku*. Sedangkan B, jangan ditanya, biasanya masih di rumah atau dengan santainya bilang gak bisa datang. Eh, ini kata pematerinya lho.

Jadi, golongan darah A (sanguinis itu): serius, perfeksionis, keras kepala, kalau bicara apa yang terasa langsung keluar, tekun, suka bergosip.
B (melankolis) : periang, suka pamer, senang dipuji, berusaha menjadi nomor satu.
O (koleris) : fleksibel, mudah dipengaruhi, dicintai banyak orang, suka mendominasi pembicaraan, dermawan, cocok jadi pemimpin
AB (plegmatis) : cinta damai, pemalu, sensitif. Dan kata pembicaranya, kebanyakan orang yang indigo bergolongan darah AB. Entahlah ...

Yang menarik buat saya tentu saja golongan darah O. Sifat yang menggelitik adalah: mendominasi pembicaraan.
Sepulang dari pelatihan saya mikir agak lama. Ada benarnya juga sih  teori ini.
Pemirsah ... saya jadi bisa mengevaluasi diri saya. Saya tersadar, selama ini, setiap ada tamu yang datang ke rumah saya, pasti yang paling banyak berbicara itu adalah: SAYA. Sampai tamunya pamit, saya bingung, tadi ke sini keperluanya apa, ya. Parah, kan! Dan saya betah berlama-lama ngobrol dengan tamu saya.

Saya jadi teringat dengan salah satu mata kuliah yang dulu saya ikuti: Komunikasi Antar Pribadi. Saya dapat nilai A, pemirsah. Padahal dosennya seorang profesor. Dan saya tidak terlalu mengerti text book yang rata-rata berbahasa inggris. Ketika final test, saya cuma coba pahami pertanyaannya, kemudian saya jawab dengan memberikan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari. #saaaah ... :D. Apa hubungannya dengan teori karakter di atas? Ada dong! Saya memang punya bakat berkomunikasi secara pribadi. Buktinya? Itu tadi, setiap ada tamu (kalau tamu biasanya kan gak rame) selalu yang mendominasi pembicaraan itu adalah saya. Apa karena saya memang orang melayu tulen yang memang suka mengobrol? Entahlah! :D

Seperti biasa, selesai pelatihan saya akan bagi-bagi cerita dengan teman-teman saya. Di antara mereka menyarankan saya membaca buku ini: Personality Plus. Makanya kemudian saya meminjamnya. #hadeuh gak modal.

Bagi saya, teori-teori itu bisa buat bahan evaluasi diri. Jika memang ada yang cocok dengan kita dan ternyata baik, perlu dipertahankan. Tapi jika sebaliknya, berusahalah untuk membuangnya.
Tapi pemirsah, saya kemudian melirik ke orang yang di samping saya. Suami saya juga bergolongan darah O. Sama meriahnyakah dia dengan saya ketika ada tamu? Tidak, pemirsah. Beda 180 derajat. So? :)

5 komentar:

  1. So ... saya juga O, Pemrsaaaah ... eh, Kakak Pertamaaa .... :v :v

    BalasHapus
  2. Hihihi ... makasi komennya pemirsah ... :v

    BalasHapus
  3. Hallooo PEMIRSAH (jangan lupa pakai 'H') , saya juga O pemirsah! LhO? Kita ternyata memang benar-benar kembar, ya, pemirsah *jungkir balik ketawahh*

    BalasHapus
  4. Waaah ... iyakah? Pantes, klop, pemirsaah ...! :v

    BalasHapus
  5. dan saya A pemirsa........ :)
    look at me on see-hear-and-feel.blogspot.com

    BalasHapus